10 Pertimbangan Membeli Smartphone Andorid Baru dengan Harga Terjangkau dan Spesifikasi Optimal di Tahun 2018


1. Punya Kinerja yang Cepat Alias Tidak Lalod

Hal yang utama sebelum membeli Smartphone Android adalah mengenali Central Prosessing Unit (CPU) atau processor. CPU adalah inti dari sistem pengoperasian smartphone. Sejatinya kinerja dari Smartphone sangat dipengaruhi dari kualitas processor yang digunakan.

Processor terdiri dari bermacam-macam bentuk, ukuran, kapasitas, dan kecepatan. Pilihlah CPU minimal dengan jenis Dual-Core. Kemudian pilih prosesor dengan merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra, mediatek (MTK), atau Intel. Selanjutnya, pastikan memiliki chipset dengan clockspeed tinggi minimal 1 GHz.

2. Lancar Membuka Banyak Aplikasi dalam Waktu Bersamaan

Bagian dari android yang kita perlu perhatikan selanjutnya adalah Random Access Memory (RAM). RAM berfungsi untuk mengatur keseimbangan berbagai macam perangkat saat perangkat tersebut sedang mengoperasikan multitasking.

Semakin besar kapasitas suatu RAM, maka semakin baik pula performa smartphone pada saat mengoperasikan beberapa aplikasi dan data pada smartphone. Kapasitas RAM pada android itu bermacam-macam, dari ukuran 512Mb hingga 16 G. RAM yang baik berukuran minimal 1 GB.

3. Memiliki Kualitas Grafis yang Powerfull


Graphics Processing Unit (GPU) memiliki peran untuk grafis sebuah smartphone. Jika smartphone yang kita pilih memiliki GPU dengan kualitas baik, maka grafis yang dihasilkan pada sebuah ponsel pintar akan semakin baik pula. GPU mempengaruhi smartphone saat digunakan bermain game, terutama game 3D.

Pilihlah GPU dengan tipe mumpuni seperti Adreno (Snapdragon), Mali (Exynos, MTK), Nvidia Tegra, VideoCore Broadcome, PowerVR dan lainya. Pilihlah seri terbaik dari tipe diatas, Contohnya Adreno 540, Mali-T720 MP2, Tegra K1, atau PowerVR G6430.

Pilihlah GPU dengan clockspeed tinggi minimal 500 MHz. Pilihlah juga GPU dengan jumlah core yang banyak seperti halnya prosesor. Jika di Mali, Core dapat diartikan oleh huruf terakhir setelah tipe, contohnya MP2 berarti corenya ada 2.

4. Memiliki Resolusi Layar Berkualitas

Layar yang baik adalah dapat menunjukkan ketajam warna seperti aslinya. Hal tersebut berguna saat melihat foto atau menonton vidio.

Untuk spesifikasi tentang resolusi layar, sebaiknya memiliki teknologi layar IPS (in-Plane Switches). Agar lebih tahan dengan goresan terhadap layar, maka pilihlah jenis layar Gorilla Glass atau Dragontail. Kemudian pilihlah resolusi yang tinggi sebesar 1280x720 HD.

5. Dapat Mendownload Aplikasi dari Berbagai Versi

Pilihlah Android dengan OS versi terbaru agar dukungan aplikasi lebih luas dan banyak seperti Android Marsmelow (6.0), Nugget (7.0), atau Oreo (8.0). Pilihlah Vendor atau Merk Smartphone yang jelas dalam memberikan update sistem operasi.

Pilih juga smartphone dengan sistem Android yang stabil. Android masing-masing merk mungkin berbeda secara tampilan dan fitur, tetapi sistemnya tetap sama. Jangan pilih Smartphone dengan spesifikasi tinggi namun maksimalisasi OS nya buruk. Hal itu dapat berpengaruh ke pengalaman dan performa yang buruk.

6. Bisa Mendownload Banyak Aplikasi


Memory Internal merupakan penyimpanan bagi data aplikasi di Android. Permasalahan yang sering dialami pengguna android ialah ketika memory internal yang dipakai memiliki kapasitas yang kecil dan program yang diinstal di memory internal terlalu banyak.

Pilihlah android dengan internal minimal 16 GB atau lebih. Jangan lupa cek ketersediaan slot micro-sd tambahan. Dengan adanya SD card external maka kita tidak perlu khawatir tentang masalah storage jika nantinya internal storage penuh.

7. Daya Tahan Baterai yang Awet

Sebuah dilema bagi pengguna android pada umumnya, mereka mengeluhkan kenapa energi baterai android yang mereka miliki cepat habis. Maka sebelum penyesalan itu muncul dan mungkin ketika anda memakai ponsel sedang asik-asiknya tiba-tiba ada peringatan muncul bahwa baterai lemah, oleh karena itu kita harus teliti menentukan spesifikasi baterai android yang tergolong baik.

Adapun daya tamping baterai smartphone sebaiknya minimal 2500 mAh. Kemudan pilih jenis baterai sesuai kebutuhan, apakah anda lebih suka baterai removeable (bisa dicopot) atau non removeable (baterai tanam). Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing. Jika removeable mudah dalam penggantian dan jika non removeable tentu lebih baik dari sisi design bahkan bisa tahan air jika memiliki setifikasi minimal IP78.

8. Resolusi Kamera yang Mumpuni

Pilihlah kamera yang memiliki resolusi yang jernih dan bagus, agar gambar yang dihasilkan juga baik. Pilih smartphone dengan sensor kamera mumpuni. Untuk Android kelas High End biasanya menggunakan sensor Sony yang sangat memukau dalam pengambilan gambar.

Pilih juga megapixel kamera dengan ukuran besar. Megapixel yang besar dapat menghasilkan gambar yang tajam dan tidak blur ketika di zoom. Namun jangan berpatokan dengan ukuran megapixelnya saja, karena walaupun ukurannya besar bila sensornya tidak bagus maka hasilnya juga kurang maksimal.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan dukungan perekaman videonya, Sebaiknya pilih smartphone dengan dukungan video record minimal 1080p atau Full HD.

9. Harga yang Terjangkau

Kamu harus cerdas dalam memilih smartphone denga harga yang murah namun memiliki kualitas yang baik. Membeli smarphone kadang harus mempertimbangkan betul budget yang dimiliki. Banyak sekali kombinasi harga dan spesifikasi yang kamu harus cermati sebagai pertimbangan keputusan membeli, agar hasilnya memuaskan.

10. Memepertimbangkan Sony Xperia L1

Sony Xperia L1 adalah smartphone besutan Sony keluaran akhir tahun 2017. Smartphone ini masih tergolong baru dan masih oke dari segi spesifikasi dan harga yang cuma dua jutaan.

Tipe Layar smartphone ini yaitu IPS Capacitive touchscreen, 16M colors, berdimensi 151 x 74 x 8.7 mm, beresolusi 5.5 inches dengan 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density). Beratnya 180 gram.

Memori internal 16 GB dan eksternalnya dapat menampung microSD hingga 256 GB. Memiliki RAM 2 GB dengan dapur pacu Android OS, v7.0 (Nougat), Chipset Mediatek MT6737T, CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, dan GPU Mali-T720MP2.

Kamera belakang beresolusi 13 MP dengan Aperture f/2.2 dan fitur autofocus serta LED flash. Kamera Depan beresolusi 5 MP dengan Aperture f/2.2, 24 mm. Kualitas rekaman vidionya 1080p@30fps, dengan jenis baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 2620 mAh.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Untuk Mengetahui Seberapa Kreatif Dirimu

5 Hal yang Wajib Diketahui Para Pecinta Kopi di Palu

7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Nge-Lag Saat Bermain Game Android