5 Kesalahan Fatal dalam Belajar yang Harus Kamu Sadari Sejak Awal



1. Hanya Belajar Berdasarkan Mata Pelajaran yang Diberikan di Sekolah

Belajar itu dimana saja dan dari siapa saja. Tidak perlu harus berdasarkan tugas sekolah atau kalau ada guru. Kamu bisa belajar kepemimpinan, kepedulian, dan organisasi dari kegiatan ekstra kulikuler.

Ilmu pengetahuan itu luas. Kamu bisa belajar dewasa dari meneladani orang-orang baik di lingkungan sekitarmu, atau dari quote-quote inspiratif di media sosial. Yang penting kamu bisa membagi waktu antara belajar di dalam sekolah dan belajar di luar sekolah.

2. Malas Membaca Buku

Membaca buku adalah kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari proses belajar. Bila buku-buku pelajaran sekolah terasa membosankan karena bahasanya yang kaku, kamu bisa cari buku lain yang lebih bagus tapi tetap berkaiatan dengan pelajaran.

Salah satu faktor kenapa kamu malas membaca adalah karena biasanya kamu belum mempunyai cita-cita yang jelas. Apabila seseorang sudah punya keyakinan dan keinginan kuat untuk mengejar cita-citanya, maka informasi apapun untuk mewujudukan cita-citanya itu pasti ia cari, termasuk dari buku.

3. Menganggap Belajar Adalah Kegiatan yang Membosankan

Mengerjakan tugas sekolah mungkin terasa membosankan, apalagi bila pelajarannya tidak kamu sukai. Namun kamu mesti paham, bahwa tidak ada sebenarnya pelajaran yang membosankan. Sebenarnya pelajaran itu membosankan karena kamu yang tidak mengetahui sisi menariknya. Jadi, kamu harus belajar ekstra untuk mengetahui manfaat pelajaran tersebut, tidak hanya dari guru.

Alasan lainnya bisa jadi karena tempat belajarmu di rumah yang membosankan, sehingga membuatmu malas-malasan. Kamu bisa memasang USB Desktop Aquarium Mini Fish Tank with Running Water supaya tempat belajarmu terasa menyenangkan.

4. Lupa Mencatat Pelajaran

Setiap manusia pasti lupa. Salah satu cara terbaik untuk merekam apa yang sudah dipelajari adalah dengan mencatatnya. Jadi jangan lupa mencatat apapun yang kamu rasa bermanfaat. Karena belajar bukan hanya di sekolah.

Cara terbaik untuk mencatat adalah dengan metode mind mapping, yaitu mencatat poin-poin gagasan yang sedang kamu pelajari pada selembar kertas saja. Pencatatan dilakukan dengan garis-garis yang terhubung dan berbagai macam warna.

5. Tidak Menerapkan dan Mengembangkannya

Sebaik-baik pelajaran adalah yang diterapkan. Ilmu pengetahuan yang sulit apabila langsung diperaktekan, bisa dikembangkan dengan cara mengajarkannya kepada orang lain.

Silahkan lakukan praktek mandiri tentang apa yang dipelari. Untuk project sains, biasanya banyak tutorialnya di internet, tidak perlu menunggu arahan guru. Beberapa petunjuk teknis tentang ilmu pengetahuan dari buku dan artikel juga biasanya bisa langsung diterapkan, seperti tulisan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat!


muadzalbanna.copyright

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Untuk Mengetahui Seberapa Kreatif Dirimu

7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Nge-Lag Saat Bermain Game Android

5 Hal yang Bikin Bingung Ketika Orang Baru Pertama Kali ke Palu