7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Nge-Lag Saat Bermain Game Android


1. Jangan Main Game sambil Nge-Charge


Hindari bermain game sambil Nge-Charge, karena saat bermain game sambil mengisi daya akan menghasilkan panas yang luar biasa, baik pada baterai maupun CPU nya. Hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan performa pada HP. Jika performa turun, maka game kamu bisa nge-lag.

2. Kurangi Grafis pada Game 

Setiap game memiliki tingkat grafis yang berbeda. Jadi jangan terlalu memaksakan grafis jika HP android kamu tidak cocok dengan spesifikasi game tersebut. Atur saja grafis sesuai dengan spesifikasi HP kamu. Atur grafisnya di Low atau Medium yang ada di pengaturan game tersebut untuk mengurangi Lag. Tapi tidak semua game memiliki settingan grafis. Jadi, kamu bisa gunakan cara yang lain.

3. Menggunakan Aplikasi Game Booster

Aplikasi Game Booster ini bisa membantu mengatasi Lag karena aplikasi ini bisa meringankan dan mengoptimalkan peforma game tersebut. Tidak ada salahnya jika kamu menggunakan cara ini. Kamu bisa menunduh Game Booster di Play Store. Pemakaiannya juga mudah, tinggal klik aplikasi game yang mau kamu boost.

4. Paksa Henti Aplikasi

Bagi kamu yang mempunyai aplikasi sosmed, paksa hentikan terlebih dahulu. Karena dengan cara ini RAM HP android kamu akan lega atau longar untuk bermain game.

Caranya buka Menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Aplikasi yang Mau Dihentikan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti”. Lakukan cara ini pada aplikasi seperti WhatsApp, LINE, Facebook, UC Browser, dan aplikasi – aplikasi lainnya.

5. Mengubah Pengaturan Daya Baterai

Google telah menambahkan fitur Battery Saver pada OS Android Lollipop keatas. Hal ini berguna untuk pengguna mengatur manager performa HP android, baik itu untuk menghemat baterai, pemakaian normal, dan juga yang lainnya.

Untuk menghemat baterai, kamu pilih mode paling rendah. Sedangkan ketika ingin menggunakan HP Android untuk bermain game android multi player online, atur ke mode performa.

6. Menggunakan HP Sony Xperia L1

Sony Xperia L1 adalah smartphone besutan Sony dengan memori internal 16 GB dan eksternalnya dapat menampung microSD hingga 256 GB. Memiliki RAM 2 GB dengan dapur pacu Android OS, v7.0 (Nougat), Chipset Mediatek MT6737T, CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, dan GPU Mali-T720MP2. Dijamin memuaskan nafsu kamu untuk bermain game tanpa nge-lag.

7. Khusus Game Mobile Legend atau AOV Ubah Speed Mode

Khusus untuk game online RPG dan moba multi player seperti Mobile Legend dan AOV, Pastikan setting mode jaringan ke 3G only atau 4G LTE saja agar jaringannya stabil. Kemudian agar ketika bermain tidak lag, pastikan fitur Speed Mode diaktifkan.

Cara mengaktifkan Speed Mode yaitu; buka game (Mobile Legends/AOV), lalu pilih menu Gear/Settings, ubah Speed Mode dari OFF menjadi ON. Namun yang mesti diingat, mengaktifkan Speed Mode membuat penggunaan paket data atau kuota internet menjadi boros. Disarankan menggunakan konektivitas wifi.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Untuk Mengetahui Seberapa Kreatif Dirimu

5 Hal yang Bikin Bingung Ketika Orang Baru Pertama Kali ke Palu