5 Cara Untuk Mengetahui Seberapa Kreatif Dirimu


1. Lakukan “Thirty Circle Test”

Thirty Circle Test merupakan tes kreatifitas dengan membuat 30 lingkaran bergambar untuk meningkatkan kemampuan berpikir cepat. Mulailah mengerjakan tes ini dengan membuat 30 lingkaran lalu isilah sebanyak mungkin lingkaran dengan gambar dalam waktu 1 menit. Berusahalah memecahkan rekor dengan mengerjakan tes berulang-ulang.

Banyak orang memiliki kecenderungan menilai diri sendiri sehingga mereka berhenti bekerja untuk memastikan apakah idenya sudah tepat. Saat mengerjakan tes ini, kamu bisa bereksperimen dengan berbagai ide tanpa menolaknya karena harus berpikir cepat.

2. Membuat Gambar-Gambar (Doodle) Jenaka

Apakahkamu sering membuat gambar-gambar aneh di kertas atau ditanganmu ketika sedang bosan dengan suatu aktivitas? Menggambar doodle mencirikan produktivitas dan kreativitas sebab aktivitas ini bisa menumbuhkan rasa peduli kepada kondisi sekitar dan memperpanjang rentang atensi.

Saat menggambar, kamu akan tetap terfokus pada kegiatan yang sedang dilakukan sehingga tidak melamun. Semakin banyak informasi yang kamu terima berarti kamu semakin kreatif.

3. Mengkhayal dan Menuliskannya Secara Singkat

Fiksi singkat adalah cerita pendek kurang dari 100 kata. Kemampuan menulis fiksi singkat mencirikan kreativitas sebab kamu akan berusaha mengarang cerita dari awal sampai akhir dengan merangkai kata sesedikit mungkin. Dengan demikian, kamu mampu menyampaikan informasi penting dengan media terbatas.

4. Menggunakan Satu Barang Untuk Banyak Fungsi

Kreatif adalah kemampuan untuk mencipta, termasuk menciptakan banyak fungsi dari satu barang yang sama. Kamu bisa mencoba merakit suatu produk multifungsi yang jarang orang pikirkan sebelumnya.

Salah satu contoh produk kreatif multifungsi adalah USB Desktop Aquarium Mini Fish Tank with Running Water. Tapi kamu tak perlu memulai dari hal yang kompleks seperti itu. Mulailah dengan hal-hal yang sederana seperti membuat kerajinan dengan barang bekas.

5. Mengeksekusi Ide

Lupakanlah tentang betapa luar biasanya suatu ide. Ide itu murah (bahkan tidak ada harganya), setiap orang dapat memikirkan ratusan ide brilian dalam sehari, yang mahal itu adalah “kemampuan” dan “kemauan” untuk mengeksekusi ide itu menjadi kenyataan.

Kebanyakan ide yang dianggap kreatif hanyalah hasil meng-copy dari yang sudah ada dan dijalankan dengan lebih baik. Contohnya Facebook yang merupakan Social media yang dijalankan lebih baik dari MySpace, Tokopedia yang seperti Alibaba-nya Indonesia, bahkan Google yang merupakan Search engine yang lebih baik dari Yahoo.

Ide sebagus apapun tidak ada artinya jika tidak pernah dieksekusi. Jadi, kreatifitas itu bukan hanya di dalam pikiran tapi mampu diaplikasikan ke dalam tindakan.

Comments

Popular posts from this blog

7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Nge-Lag Saat Bermain Game Android

5 Hal yang Bikin Bingung Ketika Orang Baru Pertama Kali ke Palu